Wednesday, March 2, 2016

Cara Balik Nama Kendaraan Bermotor

Dok. Pribadi (Lok : lt 2 Samsat Jakarta Timur)

Assalamu’alaikum sobat blogger,.,

Huuuffft Alhamdulillah sikecil jagoan saya udah bobo, biasanya ya cewe tuh kalau udah merried and punya anak me time nya tuh kurang bingit,.,hihihihi
Tapi sekarang sih saya punya hobby baru yaitu jadi blogger, heee,., sedikit sharing pengetahuan dan pengalaman pribadi sambil belajar nulis.

Selalu berusaha jadi wonder women ya selain saya itu seorang istri, seorang ibu dan juga seorang wanita karir eiiiiits tapi sekarang bukan sekedar mencari karir yang tinggi and materi ya sobat tapi lebih ke tujuan untuk membantu suami dan keluarga tetap menjadi prioritas utama, secara saya dan suami itu sama-sama memulai rumah tangga itu dari nol banget yang ga punya apa-apa sama sekali,.,,aaarrrgh pokoknya kalau mau diceritain mah panjang ya ceritanya and sedih kalau inget pertama kali nikah dan balik ke Jakarta setelah ngabisin masa cuti nikah di kampong halaman, tapi next time lah saya coba tulis lagi tentang itu ya. ;)


OK,! Saya tuh sebenernya mau kasih tau nih ke sobat semua barangkali ada yang ngebutuhin atau cari tau gimana urutannya kalau mau urus bayar pajak motor sendiri ke samsat, Kebetulan saya baru aja ngurus itu sendiri semua termasuk balik nama motor. Tadinya sih ga mau ribet ya seperti kebanyakan orang lainnya yang memang kesehariannya adalah bekerja pasti rata-rata menggunakan jasa calo ataupun biro jasa, tinggal serahin semua persyaratan and tunggu beberapa hari kelar deh ambil di biro jasanya, dengan tariff yang biasanya juga berbeda tergantung apa aja yang mau diurus dan setiap biro jasa punya tariff sendiri-sendiri.

Berhubung saya memang penasaran sebenarnya cara dan urutannya gimana sih kalau urus sendiri, akhirnya saya putusin buat urus bayar pajak dan balik nama motor sendiri ke samsat dan kebetulan saya urusnya ke samsat Jakarta timur yaitu di kebon nanas. Berhubung di kantor memang lagi sepi karena hampir sebagian staffnya pergi keluar kota jadi saya ajak office support di kantor buat nemenin ke samsat karena sebelumnya pajak kendaraan bermotor di kantor juga dia yang urus sendiri ke samsat.

Hari pertama Alhamdulillah semua berjalan lancar dan lumayan cepet loh karena saya berangkat dari kantor jam setengah sebelas dan jam setengah 3 sudah ada di kantor lagi (perjalanan kurang lebih 30-40 menit ya).

Langkah-langkah yaitu :

Pertama :
“Siapkan foto copy surat menyurat kendaraannya ya dari mulai STNK, BPKB dan KTP dan jangan lupa  bawa bukti kwitansi jual beli kendaraan bermotor tersebut jika mau balik nama kayak saya, di sana juga ada tempat foto copy kalau lupa foto copy di rumah, kemudian sampai di sana ambil formulir pengisian data-data bermotor di loket (saya sih lebih cenderung menyebutnya customer service karena tempatnya memang mirip tempat customer service di lobby gedung perkantoran) itu di lantai satu ya,,,eeeeiiiits tapi alangkah baiknya sih begitu dateng ke samsat langsung aja motor dibawa ke tempat cek fisik biar ga bolak balik keluar gedung baru ambil formulirnya di lantai satu”

Kedua :
“setelah motor sudah dicek fisik kemudian dilegalisir dan tempatnya juga ga jauh dari situ, nah teman-teman jangan lupa ya siapkan pecahan uang 10 atau 20rbuan biar ga ribet nunggu kembalian, untuk cek fisik kena biaya 10.000,- (biasanya petugasnya ngomong langsung setelah cek fisik), abis itu legalisir juga bayar 30.000,- (biasanya petugasnya ngomong langsung setelah periksa dokumen kita), setelah dokumen diserahin ke loket legalisir duduk aja nanti akan dipanggil sesuai urutannya pengumpulan datanya, nah jangan kaget ya kalau kadang atau malah sering ada juga yang dateng and serahin data belakangan setelah kita tapi namanya dipanggil duluan karena biasanya yang begitu itu calo yang sudah kenal and kasih lebih ke orang dalemnya and ada juga yang dari biro jasa yang sudah biasa ngurus itu jadi udah kenal semua sama orang dalemnya tiap bagian jadi biasanya mereka diduluin. Tapi ga papa sabar aja nunggunya ga lama kok ga sampai 30 menit tergantung antrian juga sih,.,hihihih

Ketiga :
“Selesai legalisir langsung aja naik ke lantai dua karena sekarang semua pengurusan pajak, balik nama ada di lantai dua, ambil dulu di loket 2 notice untuk diisi data-data kendaraan bermotor, setelah selesai masukin semua berkas ke loket 1 untuk pendaftaran dan kemudian tunggu dipanggil namanya”

Tips :
Biasanya jika data kendaraan kita sesuai maka akan langsung disuruh duduk dan nanti akan dipanggil, tapi Jika setelah masukin berkas data-data kendaraan bermotor di loket 1 dan petugas menginformasikan bahwa ternyata platnya bukan plat Jakarta timur (ini contoh yang saya alami) walaupun alamat pemilik sebelumnya sudah benar Jakarta timur tapi plat motor Jakarta pusat (misalnya), teman-teman ga usah khawatir karena sebenarnya itu bisa juga diurus di samsat Jakarta timur. Tinggal bilang saja minta diurus di situ biar ga bolak-balik dan pastikan kalau pengambilan hasilnya tetap bisa di samsat Jakarta timur timur juga.

Keempat :
“setelah data selesai diperiksa nanti dipanggil namanya dan selanjutnya diberikan tanda bukti bahwa plat nomor kendaraan bermotor kita sedang dalam proses perpanjangan (jika prosesnya lebih dari satu hari), tanda bukti tersebut sah sebagai pengganti sementara bahwa STNK sedang dalam proses perpanjangan dan biasanya sudah ditentukan tanggal pengambilannya.

Kelima :
 “Nah dear, ditahap ini sebelum berangkat ngambil STNK dan Plat jangan lupa siapkan kocek lebih ya karena nanti setelah ngambil berkas surat-surat motor biasanya langsung suruh bayar Pajaknya abis itu baru bisa ambil STNK asli yang sudah diperpanjang, nah sebelumnya pasti disuruh foto copy dulu tapi ga usah khawatir juga soalnya tukang fotocopy di sana udah tau apa aja yg perlu difotocopy dan mana yang engga. Kalau STNK udah dapet baru abis itu ambil plat di gedung yang berbeda dan biar ga bingung sekalian tanya aja gedungnya sebelah mana.

Keenam :
“Oh ya dear prosesnya belum selesai sampai di situ ya karena masih ada proses terakhir yaitu BPKB juga harus balik nama ga Cuma STNK aja, tapi setidaknya udah aman lah kalau mau bawa motor muter-muter Jakarta,heee untuk balik nama BPKB itu tempatnya di Polda Metro Jaya loh, wuuuuih lumayan jauh kaan. Nanti di Polda Metrojaya simple kok tinggalin berkas-berkas yang dibutuhin termasuk BPKB asli yang mau dibalik nama. Kalau mau minta tolong sama saudara juga bisa kok tinggal buat surat kuasa bermaterai juga udah cukup, nanti di sana bayarnya Rp 80.000,- ajah.

Nah Kelar deh sampai semua STNK dan BPKB balik nama dan bayar pajaknya, kalau soal biaya keseluruhan itung sendiri ya setiap proses yang disuruh bayar udah saya sebutin semua berapa-berapanya. Sebenarnya ga ribet kok yang penting ikutin semua prosesnya dan berkasnya lengkap pasti jadi kerasa simple. Tapi kalau yang memang ga punya waktu dan susah minta ijin dari tempat kerjanya atau mungkin ga mau ribet or muuaales pakai aja biro jasa tapi pilih yang terpercaya ya,., dan siapkan kocek rada tebel, heee

Mudah-mudahan berguna ya ini berdasarkan berdasarkan pengalaman sendiri lho, saking penasaran dan pengen tau biarpun cewe pasti bisa.

Tips lagi nih, biar ga double bayar parkir, sepele sih sebenernya dan ga seberapa tapi kadang ada juga orang yang ngedumel karena sebenarnya ada tulisan PARKIR GRATIS di setiap parkiran tapi nyatanya ya tetep ada petugasnya standby narik parkir dua kali lagi kalau yang ga tau (pengalaman pribadi di samsat JakTim) heee




Biasanya pas keluar parkiran ada petugas yang standby narikin biaya parkir, nah pastinya kita kasih di situ, terus nanti pas keluar gerbang samsat ada lagi yang narikin biaya parkir bilang aja tadi udah di dalem biasanya lewat aja ga diminta lagi tapi kalau yang ga tau ya jadinya bayar lagi jadi double deh,heee


Seeu next artikel ya sobat blogger,.,

3 comments:

Unknown said...

Thanks bu sharingnya jgn lupa mampir di http://www.skamax.com

Y said...

yup masama pak imam, siap.

Imam Dermawan said...

Ditunggu artikel lainnya bu..